Alamat
Jalan Jendral Ahmad Yani No.10, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115

Pelatihan PKM “Create Innovation, Reach Achievements Trough PKM” oleh BK UNUGIRI

BK UNU Sunan Giri Bojonegoro- Menjadi mahasiswa harus mampu mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi kepada masyarakat luas. Apalagi dalam bidang kreativitas, Program Studi Bimbingan Konseling mengadakan pelatihan webinar sebagai usaha untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam berkreasi.


Pada hari Rabu, (04/08/2021). Program Studi Bimbingan Konseling menghadirkan Pelatihan PKM yang bertajuk “Create Innovation, Reach Achievements Through PKM“. Menggunakan platform zoom meeting.

Webinar ini diikuti oleh 200 peserta yang mendaftar, sebagian besar berasal dari Program Studi Bimbingan Konseling dan sisanya dari prodi lain di UNU Sunan Giri Bojonegoro. Pada kegiatan ini menghadirkan Bapak K. M. Jauhar Ma’arif,  M. Pd. I selaku Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro sebagai Keynote Speaker, dan 2 Pemantik yaitu Ibu Dr. Muslihati, M. Pd., selaku Kajur BK Universitas Negeri Malang dan Ibu Pelangi Eka, M. Si., selaku Ketua LPPM UNU Sunan Giri Bojonegoro. Pelatihan webinar ini merupakan sarana untuk membantu mahasiswa dalam memperdalam pengetahuan atas program kreativitas mahasiswa (PKM), meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa melalui penulisan proposal PKM, dan melatih mahasiswa untuk menulis proposal PKM yang nantinya akan dikompetisikan di tingkat internal maupun eksternal UNU Sunan Giri Bojonegoro seperti PKM yang diadakan oleh Dirjen Dikti.

“Alasan terbesar adanya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Karena selama ini mahasiswa hanya berpandangan bahwa keterampilan menulis hanya dibutuhkan ketika mereka mengerjakan tugas kuliah saja seperti menulis makalah atau laporan hasil praktikum dilapangan atau tugas akhir/skripsi. Padahal keterampilan menulis itu bukan hanya sebagian dasar mengerjakan tugas kuliah/ tugas akhir bagi mahasiswa, dari hasil tulisan mahasiswa dalam proposal PKM akan diketahui bagaimana tingkat kreativitas, analisis, dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Selain itu keterampilan menulis juga bisa menjadi dasar untuk memperluas karir mahasiswa mengarah pada penulis buku yang berkaitan dengan BK atau peneliti di bidang ke-BK-an dan sebagainya”. Ungkap ketua pelaksana kegiatan, Ulvina Rachmawati, M.Pd selaku dosen BK UNU Sunan Giri Bojonegoro.

Kegiatan webinar ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Dari kegiatan webinar ini kita dapat mengambil kesimpulan dan manfaat dari pelatihan PKM bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Bimbingan Konseling UNU Sunan Giri Bojonegoro.

Webinar pelatihan PKM adalah sarana atau wadah bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan keterampilan menulis terutama dibidang PKM dan bagi mahasiswa yang ingin mencoba menulis proposal PKM. Dari hasil pelatihan webinar ada sekitar 21 proposal PKM yang terkumpul, artinya masih banyak peserta yang belum memiliki keinginan untuk mengasah keterampilannya dalam menulis proposal PKM.

“Ada harapan besar pada kelanjutan pasca pelatihan PKM, yaitu Proposal yang terkumpul dan sedang direview nantinya bisa dibimbing dan benar – benar matang ketika diajukan ke SIMBELMAWA, bagi mahasiswa yang belum mencoba bisa mencoba menulis proposal PKM. Pengumpulan bisa disaya, saya siap menerima proposal PKM dari mahasiswa kapanpun, dan semoga para mahasiswa tetap aktif dan semangat dalam mengikuti berbagai kegiatan pelatihan ataupun webinar lain tentang peningkatan keterampilan menulis juga diberbagai media yang positif”. Pungkas Ketua Pelaksana kegiatan, Ulvina Rachmawati, M.Pd.

Penulis : Yolanda Kurnia Fatma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *